Cerita Sobat Suhermanto: Tekun dan Syukur Jadi Kunci Sukses Berbisnis Fastpay

#CertiaFastpay 19-11-2018

Oprah Winfrey pernah berkata “Bersyukurlah untuk apapun yang telah Anda miliki, maka Anda akan memiliki lebih dari apa yang Anda miliki saat ini. Jika anda berkonsentrasi pada apa yang tidak dapat Anda miliki, maka Anda tidak akan pernah merasa cukup.” mungkin kutipan inilah yang menjadi salah satu penyemangat bagi banyak pebisnis untuk meraih sukses, salah satunya Yoseph Suhermanto. Lahir dan besar di kepulauan yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Pulau Nias, pria yang akrab disapa Suhermanto ini dengan mantap meniti kesuksesan berbisnis yang telah menginspirasi banyak orang.

Tiada hasil yang mengkhianati usaha, mungkin itu juga yang bisa menggambarkan perjuangan sosok Suhermanto ini. Semangat bisnis sudah mulai ia pupuk sejak remaja, salah satunya dengan membuka layanan servis handphone. Tak banyak untung yang ia dapatkan, tak banyak pula pelanggan yang datang, namun ia tetap berusaha untuk bangkit mencapai sebuah tujuan mulia sebagai pebisnis sukses. Waktu bergulir, semangat kerja keras tetap mengalir, dan kebutuhan hidup pun semakin besar dan butuh langkah tepat untuk memenuhinya. Tepatnya tahun 2013, ia berencana untuk membeli rumah dan tentunya butuh biaya yang tidak murah untuk membayar cicilan rumah. Beragam cara untuk mendapat kesempatan bisnis yang tepat ia lakukan dengan berselancar di Google, dan pada akhirnya ia menemukan jodoh bisnisnya juga, yaitu Fastpay.

Sempat ragu saat mendaftarkan diri di Fastpay, namun ia berusaha mempelajari lebih dalam seluk beluk berbisnis dengan Fastpay hingga akhirnya pria berkaca mata ini yakin untuk mendaftarkan diri. “Waktu itu saya cari-cari aja di Google, ketemu Fastpay dan akhirnya yakin,” ungkap ayah dari seorang putra tersebut. Satu hingga tiga minggu setelah bisa menggunakan layanan Fastpay, tak ada perubahan yang cukup berarti. Tokonya tetap saja sepi, sedikit orang yang melirik untuk bertransaksi dengan layanan yang ia tawarkan. Tak pernah mengeluh, ia pun tetap bersyukur dan yakin pasti akan ada rezeki untuknya.

Beberapa minggu kemudian di tahun yang sama, pemasangan listrik berbasis token akhirnya masuk ke Pulau Nias dan satu per satu rumah beralih menggunakan token listrik. Alasannya cukup menarik, pada saat itu banyak rumah yang telah menunggak tagihan listrik lebih dari 6 bulan yang akhirnya memicu pemerintah setempat melakukan razia bagi rumah-rumah yang menunggak tersebut. Akhirnya, banyak warga yang beralih menggunakan voucher token listrik. “Saya pun sempat kaget, tapi ini kesempatan emas apalagi di Fastpay sudah menyediakan layanan ini, jadi layanan Fastpay hadir di saat yang tepat,” pungkasnya.

Bagai mendapat durian runtuh, semua warga yang baru saja beralih menggunakan token listrik akhirnya berbondong-bondong mendatangi toko Suhermanto untuk membeli token listrik. Meskipun ia awalnya belum terlalu paham, dan di sisi lain belum ada toko lain yang menyediakan pulsa atau token listrik. Puluhan ribu pelanggan token ini akhirnya mengubah nasib Suhermanto. Kesempatan itu ia manfaatkan untuk melakukan promosi ke setiap pelanggan sehingga semakin banyak orang yang memborong token listrik di toko pria yang ahli otak-atik handphone tersebut. Dengan lokasi tokonya yang sangat strategis yaitu di sekitar pasar, semakin banyak pula orang yang mampir ke tokonya hingga lebih dari 80% warga di sekitar rumahnya telah beralih ke token listrik.

Seiring berjalannya waktu, Suhermanto juga menawarkan produk lain yaitu untuk pembayaran tagihan PDAM maupun beragam tagihan lainnya. Karena sudah banyak pelanggan yang jatuh hati dengan pelayanan Suhermanto yang terkenal baik, semakin banyak orang yang membayar beragam transaksi di tokonya termasuk pembelian pulsa, tagihan internet, tagihan telepon rumah, pembelian tiket pesawat hingga layanan lainnya yang membuat pendapatannya semakin melejit.

Bisnis bersama Fastpay pun semakin menguntungkan bagi Suhermanto hingga pada tahun 2016 ia diundang untuk mengikuti Workshop Pebisnis Sukses bersama Fastpay di Yogyakarta. Dari acara tersebut, Suherman menyerap banyak ilmu dari Manajemen Fastpay pusat serta berbagi pengalaman dengan member Fastpay lainnya. Singkat cerita, setelah banyak meempelajari tips untung bisnis Fastpay, Suhermanto mulai membuat website tentang toko nya. Melalui website yang ia kembangkan sendiri, ia mulai belajar mempromosikan beragam layanan pembayaran kepada masyarakat luas serta mempromosikan untuk menjadi mitra Fastpay. Dengan ketekunan yang menjadi prinsipnya, ia akhirnya berhasil memperluas jaringan mitra Fastpay lebih dari seribu member baru. “Berkat promosi secara langsung ke pelanggan maupun melalui website, akhirnya member baru dari Nias maupun dari daerah lain semakin banyak,” terangnya.

Dalam meraih kesuksesan, tentu akan selalu ada kendala maupun masalah yang dihadapi. Cukup sering ia mendapat komplain dari berbagai pelanggan yang ia layani, salah satunya dalam transaksi pulsa. Karena sistem yang saat itu sedang gangguan dan ada pelanggan yang membeli pulsa senilai seratus ribu, proses transaksi pun agak lama dari biasanya. Akibatnya, pelanggan sempat protes dan meminta uangnya dikembalikan. “Waktu itu saya kembalikan uangnya tapi dengan jaminan KTP jadi misalnya nanti transaksi berhasil, KTP bisa diambil dan uang harus dibayarkan ke saya. Namun, ayah pelanggan tersebut salah paham dan marah-marah, bahkan kami hampir bertengkar hebat saat itu,” ungkap Suhermanto. Bagaimanapun juga, ia berusaha memberikan pelayanan terbaik dan berhati-hati dalam bertransaksi agar pelanggan pun puas. Dengan komunikasi yang baik dan belajar dari pengalaman, ia pun menjadi terbiasa menghadapi kendala lainnya dan mampu untuk mengatasinya.

Sebagai pebisnis muda yang bekerja keras untuk kesuksesan, Fastpay pun mengapresiasi usaha dan prestasi Suhermanto. Lebih dari 15 kali ia diundang dalam berbagai seminar bahkan pernah mendapat kesempatan jalan-jalan bersama member sukses Fastpay lainnya ke Singapura dan menikmati kapal pesiar secara gratis dibiayai oleh pihak Fastpay. Tentu saja, dengan transaksi bisnis dan jaringan member yang luas, Suhermanto telah menembus angka fantastis sebagai pendapatannya. Rekor yang pernah ia raih yaitu mendapat penghasilan lebih dari 20 juta selama satu bulan. “Dengan menggunakan Fastpay, saya bisa dengan mudah melunasi cicilan rumah, serta membeli kebutuhan lain untuk keluarga,” pungkasnya. Tentu saja ini adalah panen dari apa yang ia tanam dalam langkah bisnisnya.

Ia pun juga berpesan kepada member Fastpay lainnya untuk tetap semangat menjalankan bisnis Fastpay. Tips yang ia sampaikan yaitu pertama, harus mensyukuri nikmat, entah banyak ataupun sedikit harus tetap disyukuri dan ditekuni. Kedua, ia berpesan bahwa berbisnis memang banyak tantangannya, namun jangan pernah mengeluh di setiap kesulitan, karena mengeluh hanya akan menambah pikiran negatif dan tidak semangat menjalankan bisnis. Ketiga, ia berpesan untuk mencintai apa yang sedang dijalankan. “Bagi saya, mencintai pekerjaan sangat penting, karena dengan mencintai Fastpay, saya akhirnya bisa di titik ini dan memberi manfaat bagi banyak orang,” sambung Yoseph Suhermanto dengan mantap. Perjalanan bisnis Suhermanto telah memberi inspirasi bagi banyak orang untuk meraih kesempatan yang sama, yaitu sukses berbisnis bersama Fastpay.

Nah, itu tadi cerita sukses berbisnis bersama Fastpay yang sangat menginspirasi. Perjuangan keras akhirnya mengantarkan Suhermanto menjadi salah satu member sukses dan meraih untung berlipat dari Fastpay. Kini giliran Anda mengikuti jejak Fastpay sobat Suhermanto, ayo bergabunglah dengan Fastpay sekarang juga dan raih tambahan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya. Cuma di Fastpay, 8 layanan paling lengkap bisa dilakukan dengan sangat mudah hanya dalam 1 aplikasi. Tunggu apa lagi? Bergabunglah bersama keluarga besar bisnis Fastpay di sini.

Comments