Waspada! Vampir Listrik di Rumah Anda

vampir listrik

Energi terbesar yang dihabiskan oleh manasia salah satunya adalah energi listrik. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia memanfaatkan energi listrik untuk memenuhi segala kebutuhan.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan listrik, otomatis biaya yang dikeluarkan untuk membayar pemakaian listrik juga akan bertambah. Tahukan Anda bahwa alat elektronik yang tidak terpakai juga menghabiskan daya listrik Anda?

Seperti yang kita tahu, listrik adalah kebutuhan primer bagi hampir semua orang.  Entah mau tinggal di rumah sederhana, rumah berskala besar, kost-kostan / kontrakan, atau apartment sekalipun kalian pasti ingin memangkas biaya pengeluaran listrik. Berikut BebasBayar punya tips menarik buat kalian untuk mencoba mengurangi biaya listrik.
  1. Cabut Steker yang tidak digunakan

Hal remeh temeh satu ini yang jadi kebiasaan buruk banyak orang. Nah, mulai Sekarang! jangan lupa cabut steker peralatan listrik apapun termasuk charger ponsel yang sudah tidak digunakan.

Mungkin mencabut satu charger hematnya gak seberapa Sobat BebasBayar. Tapi bayangkan, jika dirumah ada beberapa anggota keluarga kamu yang chargernya masih tercolok? Hayo? Lumayan kan bisa hemat? Selain menghemat daya listrik juga untuk mencegah terjadinya korsleting yang menyebabkan kebakaran.

  1. Matikan dengan benar peralatan elektronik, jangan hanya dalam posisi standby

Saat kalian keluar rumah, kuliah atau berangkat kerja, kalian pasti sering lupa juga sama hal yang satu ini yakni mematikan tv, dispenser, magic com atau kipas angin yang listriknya masih dalam posisi standby.
Tahukah kamu? Peralatan elektronik yang masih dalam posisi standby itu mampu memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup.

  1. Bijak dalam menggunakan AC

Penghematan selanjutnya, jika di rumah kamu menggunakan Air Conditioner (AC) jangan menurunkan suhunya misalnya dari 24 ke 18 sekaligus, karena setiap suhu udara AC yang diturunkan suhunya akan ada penambahan daya listrik sebesar 36%. So, ada baiknya biarkan satu jam menyala terlebih dahulu sebelum ingin melakukan penurunan suhu.

  1. Jangan gunakan pengering mesin cuci di musim kemarau

Memang praktis sih, jika setelah mencuci pakaian langsung dikeringkannya menggunakan pengering di mesin cuci sekalian. Sesekali coba deh manfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian daripada memilih menggunakan pengering mesin cuci. Bayangkan, mencuci saja sudah menggunakan jasa mesin cuci itupun sudah memakan daya listrik bukan? Gak ada salahnya jika mengeringkannya kamu bisa menghemat listrik dengan cara menjemur dibawah terik sinar matahari selama 1-2 jam.

Semoga Bermanfaat :-)

Comments